HealthCare Rumah Zakat Indonesia Peduli Ibu - myzone.okezone.com
Close [x]

Daftar

HealthCare Rumah Zakat Indonesia Peduli Ibu

Posted by sucipto on Dec 30, 2009 | 0 comments

JAKARTA. Dalam rangka memperingati Hari Ibu setiap tanggal 22 Desember, Rumah Bersalin Gratis (RBG) salah satu program HealthCare Rumah Zakat Indonesia menggelar kegiatan peduli Ibu di 7 kota (Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Medan, Surabaya, Pekanbaru) dengan tema “Ibu Sehat, Keluarga Sejahtera, Selamatkan Generasi Bangsa”, di Jakarta sendiri, kegiatan peduli ibu bertempat di Kantor RBG Jakarta di Jalan Pulo Asem Timur Raya no.18 Jakarta Timur, Rabu (30/12/2009).

Jaya Saputra, Head of Regional Rumah Zakat Indonesia Jakarta Timur mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi atau pembekalan kepada ibu-ibu yang telah menjadi member RBG agar dapat berperan sebagai agen pemberdayaan kesehatan untuk keluarga dan lingkungan sekitarnya. “Hal ini dilatarbelakangi oleh ketidaktahuan dan ketidakmauan mereka terhadap perilaku hidup bersih,” katanya.

Dia mengharapkan melalui kegiatan ini Rumah Zakat ingin mengajak para ibu untuk berperan lebih jauh lagi. Selain mejadi agen pemberdayaan kesehatan untuk keluarganya, ibu juga berperan untuk memberdayakan kesehatan di lingkungan sekitarnya, “Caranya adalah dengan mengajak dan membantu lima ibu di sekitarnya untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat di keluarganya masing-masing dan menyebarkannya kepada ibu-ibu yg lainnya lagi.” Tuturnya.

Menurut Jaya, cara yang dilakukan untuk dapat hidup bersih dan sehat dalam lingkungan rumah tangga adalah dengan menjalankan 10 pesan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti: pertama, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan; kedua, memberi ASI ekskluisf; ketiga, menimbang balita setiap bulan; keempat, menggunakan air bersih; kelima, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun; keenam, menggunakan jamban sehat; ketujuh, memberantas jentik di rumah sepekan sekali, kedelapan, makan buah dan sayur setiap hari; kesembilan, melakukan aktivitas fisik setiap hari; kesepuluh, tidak merokok.

Selai itu, kegiatan peringatan hari ibu sekaligus launching “Mom get  Mom, Satu Ibu Ajak Lima Ibu Sehatkan Indonesia”. Kemudian program edukasi member akan terus berlanjut pelaksanaannya secara reguler mulai tahun 2010. “Pada tahap awal ini, RBG Jakarta menargetkan ada 250 ibu atau member,” ujarnya.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 – 15.00 wib ini juga di isi dengan aksi teatrikal, pembagian sembako dan pemeriksaan umun serta pemeriksaan ibu hamil. Sementara para ibu yang sudah selesai diperiksa langsung membubuhkan tanda tangan di atas kain putih sebagai tanda komitmennya untuk menjadi pemberdaya kesehatan.

Peran member

 

Ratu Zahrona adalah salah satu member yang aktif memberikan penyuluhan kesehatan kepada keluarga dan lingkungannya. Peran itu dimulainya sejak 2007 lalu. “Setelah mendapat pengetahuan dari RBG, saya kenalkan cara hidup sehat kepada keluarga dan para tetangga. Namun sebelum itu saya contohkan terlebih dahulu,” ujar warga Pulo Gadung, Jakarta Timur ini.

Dia mengakui setelah menjadi member RBG banyak manfaat yang didapat, “Dari penyuluhan ini banyak pengetahuan yang didapat, seperti mengetahui penyebab-penyebab penyakit dan cara mencegahnya.” Tutur ibu tiga anak ini.

Sejak menjadi agen kesehatan saat ini Ratu telah berhasil mengajak para tetangga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, caranya dengan mengenalkan cara hidup sehat, seperti tidak merokok dan mencuci tangan dengan air bersih dan sabun. “Warga yang sudah saya ajak ada 40 orang,” jelasnya.**

Your Response