2010 PKI Muncul Lagi? - myzone.okezone.com
Close [x]

Daftar

2010 PKI Muncul Lagi?

Posted by bangfet on Jan 12, 2010 | 0 comments

UNGKAPAN bahaya laten komunis yang diterapkan dimasa pemerintahan orba ternyata dipandang sudah tidak sesuai lagi di jaman reformasi sekarang ini. Reformasi kini dilihat sebagai suatu perubahan menuju kebebasan, sehingga setiap orang berhak berpendapat dan berkarya bahkan diartikan sebagai kebebasan untuk berbuat apa saja, di negeri yang demokratis ini.

Kesempatan ini telah dimanfaatkan sekelompok orang tertentu untuk memunculkan kembali faham komunis bahkan mencoba mengorganisir partai terlarang ini melalui jejaring facebook. Paham komunis tidak pernah mati, bahkan tetap menjadi bahaya laten.

Oleh karena itu ideologi komunis perlu diwaspadai, karena bisa saja paham ini berubah bentuk dan tindakannya menjadi ancaman nyata. Kekhawatiran ini kini jadi kenyataan,

PKI Muncul & tidak pernah mati

Sepertinya media facebook menjadi media yang favorit untuk kegiatan publikasi dan penggalangan. Sekarang muncul halaman "Partai Komunis Indonesia 2010". Hingga 9 Januari 2010, halaman ini sudah memiliki 1.226 anggota.
Ketika melihat halaman info dia mencantumkan alamat website http://www.communist-party.org.uk/.

Selain itu, ada beberapa anggota yang menggunakan nama yang menyerempet seputar aktivitas PKI di Indonesia, misalnya menyebut-nyebut kata 'bintang merah' atau 'Lekra' (nama organisasi seniman PKI). Belum diketahui kegiatan apa saja yang dilakukan kelompok ini, apakah sebatas di Facebook atau juga melakukan pertemuan-pertemuan secara fisik.
 
Namun, dalam salah satu posting di fitur wall pada fan page PKI 2010 disebutkan bahwa telah digelar sebuah rapat terbatas. Rapat itu diklaim dihadiri oleh: "sejumlah aktivis Hak Asasi Manusia (HAM). Bedjo Untung, Ketua Yayasan Penelitian Korban Pembunuhan 1965-1966 (YPKP); Letkol (Udara) Heru Atmojo, eks tapol PKI dari Paguyuban Korban Orde Baru; Sumarsih, ketua Jaringan Solidaritas Korban dan Keluarga Korban (JSKK); Casman, mantan anggota pasukan Cakrabirawa.

Dalam situasi politik yang fluktuatif, dengan memanfaatkan gaung reformasi, berbagai upaya telah mereka lakukan dalam rangka mengembalikan citranya yang terlanjur telah dicap sebagai pengkhianat bangsa. Kenyataannya tanpa kita sadari, secara tersamar, anak cucu PKI yang membawa misi komunitas PKI telah berhasil menempati posisi-posisi penting di lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif maupun melalui berbagai LSM.

Mereka menggoyang politik dan sosial melalui isu HAM, menggoyang ekonomi dengan mempermainkan harga beberapa komoditas untuk kebutuhan masyarakat. Untuk itu rakyat Indonesia harus tetap mewaspadai sepak terjang komunis Indonesia yang ingin kembali eksis pada tahun 2010.

Wawan Budayawan, Spd

Pemerhati Masalah Sosial dan Budaya

0 Responses to 2010 PKI Muncul Lagi?

Your Response