Panglima TNI Lantik 210 Perwira Prajurit Karier TNI - myzone.okezone.com
Close [x]

Daftar

Panglima TNI Lantik 210 Perwira Prajurit Karier TNI

Posted by badarudin on Aug 01, 2011 | 0 comments

MAGELANG - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono,S.E,  melantik dan mengambil sumpah 210 orang Perwira dalam sebuah upacara Prasetya Perwira Prajurit Karier (Praspa PK) TNI tahun 2011 di Akademi Militer Magelang, Jumat (22/7/2011). Praspa PK TNI adalah pelantikan dan pengambilan sumpah bagi Perwira Pertama (Pama) TNI lulusan Pendidikan Perwira Prajurit Karier (Dikma Pa PK) TNI tahun 2011 dengan pangkat Letnan Dua (Letda).

Dikma Pa PK TNI adalah salah satu program penyediaan Perwira TNI yang bersumber dari lulusan Perguruan Tinggi Strata – 1 dan Diploma – 3 untuk menunjang pelaksanaan tugas TNI. Dikma Pa PK TNI ditempuh selama 28 minggu di Akademi Militer Magelang (untuk prajurit pria) dan di Pusdik Kowad Kodiklatad, Lembang – Bandung (untuk prajurit wanita).
 
Lulusan Dikma Pa PK TNI tahun 2011 berjumlah 210 orang Pama, terdiri dari 171 Pama Pria (TNI AD = 96 ; TNI AL = 35 dan TNI AU = 40) dan 39 Pama Wanita (Kowad = 15; Kowal = 9 dan Wara = 15). Sebagai lulusan terbaik pria adalah Letda Inf Tiar Saputra, S.Pd (AD); Letda Laut (KH) Akhmad Kurniawan, B. Eng (AL); dan Letda Tek Dimas Qhomarru Lambang, B. Eng (AU).  

Sedangkan untuk wanita adalah Letda CHK (K) Siti Fatimatussolihat. SH (AD); Letda Laut (Kes/W) Fariska Dwi Septarina, A.Md Keb (AL); dan Letda Kes Nurinara Wijiling Ratri, A.Md Keb (AU). Selesai pelantikan, para Perwira lulusan Dikma Pa PK tahun 2011 akan melanjutkan pendidikan kecabangan di masing-masing matra.
 
Dalam amanatnya, Panglima TNI mengatakan bahwa Praspa merupakan pintu gerbang bagi perwira yang baru dilantik untuk melangkah ke jenjang karier yang lebih tinggi dan lebih profesional. Hal ini tentunya masih memerlukan kerja keras, semangat serta motivasi yang tinggi sehingga benar-benar siap dalam melaksanakan setiap tugas yang diembankan oleh negara dan bangsa.  
Dengan demikian, keberhasilan yang dicapai saat ini, baru merupakan langkah awal dari pengabdian panjang para perwira kepada bangsa dan negara melalui TNI. Untuk itu, dalam upaya meningkatkan profesionalisme sebagai prajurit karier, para perwira dituntut untuk selalu belajar dan berlatih guna meningkatkan kapasitas, integritas, pengetahuan, dan  wawasan, serta kesamaptaan jasmani yang prima.
 
Atas dasar pemikiran itulah Panglima TNI berharap, agar Praspa dijadikan sebagai momentum untuk lebih meningkatkan motivasi dan dedikasi disertai disiplin dan keteguhan hati sebagai prajurit karier TNI dalam pengabdian kepada bangsa dan negara, seperti yang telah ditunjukkan para perwira selama ini, dalam proses mengikuti pendidikan.
 
Berdasarkan Surat Telegram Panglima TNI Nomor ST/857/2010 Tanggal 11 November 2010 tentang Alih tanggung jawab penyelenggaraan Pendidikan Perwira Sukarela Dinas Pendek (PSDP) TNI dan Dikma Pa PK TNI. Penyelenggaraan Dikma Pa PK TNI baik pria maupun wanita yang semula dilaksanakan oleh Spers TNI, terhitung mulai T.A. 2011 menjadi tanggung jawab Kodiklat TNI yang merupakan Badan Pelaksana Pusat TNI yang memiliki fungsi dan tugas untuk menyelenggarakan pembinaan doktrin, pendidikan pertama integratif dan pendidikan pengembangan spesialisasi serta latihan gabungan, latihan bersama dan latihan kesiapsiagaan operasional yang diselenggarakan oleh Mabes TNI dan Kotama jajaran TNI.
 
Praspa PK TNI tersebut juga dihadiri oleh para pejabat tinggi TNI lainnya seperti Kasad Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, Wakasal Laksdya TNI Marsetio, MM, Wakasau Marsdya TNI Dede Rusamsi, dan para Asisten Panglima TNI, serta Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul, SE.
 
Authentikasi:
Kadispenum Puspen TNI
Kolonel Cpl Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc, M.Si, M.A

Your Response