Tantangan Berat MK untuk Akil Mukhtar - myzone.okezone.com
Close [x]

Daftar

Tantangan Berat MK untuk Akil Mukhtar

Posted by agityanugraha on Apr 03, 2013 | 0 comments

Seiring dengan perhelatan panas menuju 2014, Akil Mochtar terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2013-2015. Akil menggantikan Mahfud MD yang berakhir masa jabatannya sebagai hakim konstitusi pada 1 April 2013.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) itu terpilih setelah  melalui mekanisme voting tiga putaran di Gedung MK. Proses voting dipimpin Wakil Ketua MK Achmad Sodikin dengan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal MK Janedjri M Gaaffar dan para pegawai MK. Voting dilakukan setelah tidak terjadi kesepakatan bulat atau aklamasi dalam musyawarah mufakat secara tertutup oleh sembilan hakim konstitusi sekitar 75 menit. Mekanisme pemilihan ketua MK itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2011 tentang Perubahan UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang MK.

Terkait dengan agenda Pemilu 2014, tugas Mahkamah Konstitusi (MK) di bawah kepemimpinan Akil Mochtar sebagai Ketua MK yang baru dinilai akan mengalami tantangan hebat. Beragam indikasi muncul seperti persoalan konflik paska pelaksanaan pemilukada di beberapa daerah. Selain persengketaan hasil Pemilu, MK juga harus siap menangani kasus-kasus pidana pemilu, seperti markup maupun money politic.

Meskipun secara kuantitas partai mengalami penyusutan jumlah, namun persaingan justru akan semakin meruncing. Terlebih para kandidat dan partai yang bersaing memiliki kedekatan dengan beberapa arus media utama. Komodifikasi isu terkadang menghilangkan nilai logis hukum besi perundang undangan. Sementara itu, perkembangan demokrasi selain menuntut kebebasan, juga menuntut proses penegakan hukum yang kuat.

Berbekal pengalaman politik di Partai Golkar pada era reformasi, serta karir advokatnya tentu kredibilitas Akil Muchtar perlu diperhatikan. endidikan hukum Akil juga tak berhenti pada gelar sarjana. Akil melanjutkan studinya dengan mengambil pendidikan S-2 Magister Ilmu Hukum dan S-3 Doktor Ilmu Hukum di Universitas Padjajaran, Bandung. Kita berharap semoga prestasi MK dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga cita cita pembangunan bangsa dapat terwujud dengan harmonis.

Agitya Nugraha

Jalan. Pancoran Barat VII, Nomor 7, Rt4/Rw1, Pancoran, Jakarta selatan, qweenmartin@yahoo.co.id

Your Response