Penipuan (Lagi) oleh iHome Improvement: produk induction cooker & ionizer - myzone.okezone.com
Close [x]

Daftar

Penipuan (Lagi) oleh iHome Improvement: produk induction cooker & ionizer

Posted by on June 21, 2013 | 0 comments

Saya tidak tinggal di Indonesia, saat saya sedang berlibur di Jakarta, pada tanggal 20 Juni 2013, saya sedang berjalan jalan sendiri di Blok M Mall.

Saat saya melewati tangga berjalan di cegat sekelompok gadis berseragam merah dengan ramah menawari saya untuk voucher promosi produk baru mereka dari Jepang, cerita mereka. Begitu saya mengambil brosur yang mereka bawa, dengan alasan untuk survey mereka meminta saya untuk masuk kedalam show room mereka.

Nah didalam show room mereka inilah mereka melancarkan jurus jurus yang menurut saya marketing hypnotheraphy, yang menggiring konsumen membeli produk yang tidak mereka inginkan dengan harga 300 persen dari harga sesungguhnya. Pertama tama mereka belagak menanyakan bagaimana pendapat saya mengenai show room mereka, mereka memperkenalkan produk mereka yang katanya buatan jepang. Mereka terlihat sangat ramah penuh antusias.

Pada ujung ujungnya mereka menawarkan door prize, tanpa pikir panjang saya OK saja, why not, nothing to loose.

Singkat kata mereka bersandiwara dengan sangat baik seolah olah tak percaya saya mendapatkan 15 juta kompor induksi yang mereka tawarkan. Mereka berkelompok bergantian berbicara, membuat saya sulit untuk berpikir jernih, saya yakin ini salah satu strategi hipnotic marketing mereka.

Kegembiraan mereka meluap luap seolah olah saya mendapatkan hadiah yang amat sangat berarti, mereka menghipnotis saya untuk merasakan seolah olah betapa beruntungnya saya pada saat itu. Setelah saya dibuai dengan perasaan beruntung tersebut, mereka mengajukan produk lain dengan harga discount 1 juta, dari 11 juta, menjadi 10 jt, memaksa saya membeli produk tersebut. Anehnya saya manut saja.

Tanpa sadar saya menandatangani kartu kredit saya hingga total 10 juta rupiah. Setelah sampai rumah saya baru sadar betapa bodohnya saya, dan barang tersebut sama sekali tak berguna buat saya.

Sadar saya merasa ditipu, saya googling di internet dengan produk tersebut, menemukan beberapa produk itu dijual online oleh individual, saya menelpon mereka satu demi satu, menanyakan darimana mereka membeli Inextron dan Colvern tersebut, ternyata mereka bernasib sama seperti saya, yang mencoba menjual barang tersebut mengurangi kerugian mereka.

Semua dari iHome improvement center, baik yang di bekasi, tangerang ataupun Blok M Mall.

Tidak habis pikir, saya menelpon YLKI untuk mengadukan nasib saya, saya di minta membuat surat kepada perusahaan dan menunggu jawaban atas iktikad baik mereka. Ini saya sudah lakukan saya cc ke YLKI.

Karena penasaran dengan kasus ini, saya googling lagi dan menemukan ternyata sebelumnya perusahaan yang sama telah menggunakan praktek yang sama bertahun tahun bahkan dari tahun 2005. Kemana YLKI selama ini dan Kemana polisi selama ini.

Saya yakin sudah ratusan ribu orang yang kena penipuan ini. Banyak dari mereka mungkin mempunyai hutang hingga bertahun tahun dan berbunga.

Saya minta para pihak yang bersangkutan untuk mengembalikan kembali uang saya. Dan jangan lagi melakukan praktek praktek semacam ini. Sudah cukup banyak korban, dan bagaimna coba perasaan mereka yang merasa dirampok seperti ini, saya merasakannya.

Cara cara marketing seperti ini tidak etis, di eropa, konsumen di lindungi sepenuhnya dari praktek seperti ini, jika konsumen tidak puas saja uang harus kembali dalam waktu 30 hari , itu sudah standard. Pada saat saya telpon customer service, mereka dengan tegas mengatakan uang tidak bisa kembali, jadi mereka bebas menipu kembali.

Mudah mudahan Indonesia bisa lebih baik melindungi konsumennya, saya cuma liburan disini, tapi harus berhadapan penipuan yang memalukan seperti ini.

Your Response